Posts

Kajian Literatur

  1.       Jurnal pengertian Visual Branding Visual Branding merupakan pengaruh yang di akibatkan dari bentuk visual untuk mendifferensiasikan suatu brand. Differensiasi adalah cara membedakan brand terhadap kompetitor dan menimbulkan ciri khas dalam brand tersebut. Elemen-elemen terpenting dalam visual branding, yaitu : Brand, warna dan komposisi elemen. Jadi, secara garis besar dapat kita simpulkan, visual branding yaitu sebuah konsep yang terancang dari berbagai elemen visual untuk menghubungkan atau dapat berkomunikasi dengan masyarakat atau konsumen. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/43005/MTQ3ODM4/Perancangan-Visual-Branding-Serta-Promosi-Susu-Segar-Indonesia-SUSEI-di-Surabaya-BAB-II.pdf   2.       Jurnal Semiotika terhadap Desain Komunikasi Visual Dalam penjelasan Semiotika dalam Desain Komunikasi Visual secara garis besar tanda di bagi menjadi dua, yaitu tanda verbal dan tanda visual. Tanda verbal eliputi ragam bahasa, penulisan, tema, dan pengertiannya. Sedan

Penelitian Pada Influencer Sule Tentang Visual Branding Channel YouTube Sule Productions (S-PRO)

Image
  1. Apa itu desain visual branding? Visual branding adalah sebuah logo untuk menimbulkan ciri khas setiap brand. Visual branding sangat pentiong karena untuk menarik perhatian para konsumen dan juga meningkatkan para kompetitor, brand yang memiliki pemasaran yang baik maka akan sangat mudah untuk di ingat oleh konsumen dan brand tersebut menjadi brand unggulan atau merek yang terkenal. Bukan hanya itu, visual branding juga membutuhkan strategi, yaitu  Diferensiasi (pembedaan) dalam suatu produk pasti ada perbedaan antara kompetitor, maka dari pembedaan ini kita bisa memvisualkan dengan ciri khasnya tersebut.  Kolaborasi : produsen tidak bisa bekerja sendirian, maka dari itu produsen harus memiliki hubungan terhadap konsumen agar bisa membuat brandnya makin maju lagi.  Inovasi : semakin berkembangnya zaman, cara pemasaran brand semakin berbeda. Disini kita dapat menggantinya dengan cara yang lebih menarik namun tidak melepas ciri khas brand tersebut. Evaluasi : setiap brand harus m

Hendra Gunawan dan lukisan Diponegoro yang terluka

Image
Hendra Gunawan beliau adalah pelukis asal Indonesia yang sangat populer. Beliau lahir pada tanggal 11 Juni 1918 di Bandung dan tutup usia pada tanggal 17 Juli 1983 di Bali. Sedari SD, beliau sudah mulai belajar menggambar sendiri dan menggambar apa saja di sekitarnya, seperti buah-buahan, wayang, dan tanaman. Lukisan-lukisan yang telah beliau buat sangat menarik. Beliau membuat karakternya dengan sangat berani dengan pewarnaan yang tebal, namun itu membuat ciri khas beliau dalam melukis. Pada zaman saat Indonesia masih di jajah oleh jepang, beliau membuat lukisan bertemakan tentang perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka. Menurut beliau, melukis dan berjuang sama pentingnya. Pada saat itulah lahir karya-karyanya yang revolusioner. Setelah Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan, beliau membuat poster perjuangan dan konsepnya dikirim oleh Angkatan Pemuda Indonesia. Pada tahun 1945, beliau mendirikan pelukis Front bersama Barli, Abedy, Sudjana Kerton, dan Turkandi, mereka langs

Pengalaman berkaitan dengan objek seni atau

 Waktu dulu saat saya masih SD kelas 4, saya suka menggambar, walaupun gambar yang saya buat tidak terlalu bagus dan rapih, tapi saya sangat senang melakukannya. Setiap ada pelajaran menggambar, saya selalu semangat untuk mengikutinya. Saya selalu menggambar yang saya suka dulu, seperti 2 gunung di tengah gunung ada matahari, tanaman padi yang berbentuk huruf V. Saya selalu menyelesaikan dengan cepat, tapi hasilnya tidak bagus masih berantakan.  Mulai saat itu saya bereksperimen, bagaimana menggambar dan mewarnai langsung dengan krayon tanpa bantuan pensil dan penghapus. saya pun berhasil membuat gambar bunga dari krayon, itu cukup mudah dan memakan waktu yang sangat singkat. Semenjak itu, ibu saya melihat saya suka menggambar.  Beliau juga memberitahu tata cara agar mewarnai dengan bagus dan rapih.

PENGEMBANGAN MOTIF BATIK BALI

Image
Pendahulaun  Data analisis Batik merupakan kain yang dilukis dengan cairan lilin malam dengan menggunakan alat yang bernama Canting. Secara terminologi dan etimologi batik berasal dari bahasa jawa yaitu kata “mbat” (melempar) dan “titik” (melempar titik berkali-kali pada kain). Batik adalah kain bergambar dan proses pembuatannya menerapkan pola pada kain.pada zaman Hidnu di Jawa Timur, keberadaan seni batik dapat dilihat pada busana yang dihias dengan motif yang digunakan pada arcadi bangunan candi. Hal ini menunjukan, bahwa batik sudah ada di Indonesia sejak dahulu. Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan Kerajaan Majapahit. Di Solo terkenal sebuah kampung yang bernama kampung Laweyan yang kaitannya erat dengan jatuhnya kekuasaan Majapahit ke tangan Demak, Pajang, dan Mataram sekaligus menjadi simbol pelestarian budaya membatik peninggalan Majapahit. Penciptaan motif batik ditinjau dalam perkembangan selalu berhubungan dengan alam sekitar. * Batik memiliki ciri d
Image
 Objek Kajian Semiotika lukisan Land of Hope  Pendahuluan : seni merupakan bagian dari kehidupan manusia. melalui seni, manusia dapat merasakan nilai keindahan dalam kehidupan dan sebagai menyalurkan ekspresi batin. Seni tidak hanya berasal dari pikiran tertentu, tetapi juga ekspresi dan berbagai ide konsep yang telah dicapai oleh seniman.  Agus Triyanto Basuki Rahmat (Agus TBR) adalah salah satu pelukis muda kontemporer yang prestasinya sampai Asia Tenggara. Banyak kompetisi lukis yang dimenangkan oleh beliau. Pada tahun 2018-2020 beliau selalu menampilkan objek kuda sebagai objek utama dalam lukisannya. Isi Bentuk formal : Lukisan Land of Hope. penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan semiotika Roland Barthes dalam membaca tanda-tanda yang terdapat dalam lukisan Land of Hope. Penanda : Lukisan Land of Hope  Petanda : Dalam lukisan Land of Hope, menggambarkan situasi saat peperangan terjadi yang selalu menimbulkan kesedihan ataupun poenderitaan kepada semua orang. Sehin
  Review Penelitian Seni Rupa dan Desain 1. Judul : Analisis Semiotika Terhadap Makna Simbolik Elemen-Elemen Arupadhatu Pada Candi Borobudur * Objek Kajian Seni Rupa dan Desain : Objek kajian seni rupa yang ada di tulisan ini adalah menyangkut makna simbolik elemen Arupadhatu pada candi Borobudur. * Pendekatan : Pendekatan yang dilakukan oleh penilitian ini dengan pendekatan interpretative untuk menganalisis keterkaitan antara makna simbol elemen-elemen yang ada di ajaran Buddha. * Analisis : Penelitian ini menggunakan metode literature atau pustaka. Penelitian ini menghasilkan analisis makna simbolis terhadap lantai teras 6 bedenah bujungsangkar yang mempunyai makna simbolis bumi dan merupakan ruang transisi menuju unsur alam Aruphadhatu. * Teori : Teori dalam jurnal ini menonjolkan tentang teori semiotika Ekspansif (semiotika psikoanalisis), khususnya   psikoanalisis Peirce, Eco, dan Fiske. * Kesimpulan : Makna simbolik lantai teras 6 merupakan simbol dari ruang transisi.